Selasa, 12 Januari 2016

P. TI SESI 12 KARIR DIBIDANG IT

Karir di Bidang IT

Information Technology atau IT merupakan bidang yang populer dalam dunia kerja. Itulah alasan mengapa jurusan Teknik Informatika banyak diminati. Tentu Anda masih penasaran besok mau jadi apa kan? Berikut ini kami ulas karir-karir yang ada di bidang IT.

Technical Producer
Produser ini bertindak sebagai pusat kendali dan penangkal petir. Untuk proyek-proyek seperti perangkat lunak hiburan, produser seperti direktur film, mengatur nada serta keseluruhan tampilan dan nuansa, dan mengambil tanggung jawab untuk versi akhir.
Web Developer
Web developer adalah ahlinya HTML, dan mereka tahu bagaimana untuk membuat halaman Web yang akan terlihat baik di browser apapun pada platform lainnya. Selain memahami aplikasi seperti Photoshop, Illustrator, dan Flash, pengembang web juga harus memahami database, JavaScript, XML dan bagaimana cara bekerja dengan desainer dan insinyur.
Webmaster
Beberapa perusahaan kecil cenderung untuk menggabungkan bidang arsitektur web, desain, implementasi, dan manajemen dalam satu posisi: Webmaster. Webmaster mungkin saja bertanggung jawab atas pembuatan konten dan editing, bahkan bekerja sama dengan pemasaran.
QA Engineer
QA kependekan dari Quality Assurance. Pekerjaan ini berkenaan dengan mencari bugs, error, dan penggunaan yang tidak wajar oleh pelanggan yang mungkin terjadi pada produk. Mulai dari menggunakan keyboard dalam bak mandi sampai meng-klik widget 1000 kali. QA juga menangani pembuatan dokumentasi.
Software Engineer
Software engineer yang masih junior biasanya melakukan pekerjaan kasar seperti memasukkan kode, menghubungkan modul-modul aplikasi dan fungsi-fungsinya, debugging, dan porting ke platform OS lain. Namun, posisi junior adalah batu loncatan ke posisi senior, yang memiliki potensi untuk memiliki andil dalam membuat produk. Insinyur senior juga bekerja sama dengan pengguna akhir, pelanggan OEM, dan lain-lain. Mereka juga mengambil peran yang lebih dalam pengawasan struktur tim.
Application Programmer
Merupakan jenis programmer yang bekerja khusus pada aplikasi tertentu yang baik akan berakhir sebagai produk jadi ataupun sebagai modul yang akan berinteraksi dengan produk akhir. Posisi ini mencakup dokumentasi, pengembangan produk, dan integrasi produk.
Database Administrator
Pekerjaan ini berkenaan dengan perancangan, pemeliharaan, pengembangan, dan testing pada lingkungan basis data. Seringkali DBA bertanggung jawab untuk membuat backup dan memastikan informasi dapat dipulihkan bila terjadi bencana. Administrator juga dapat merencanakan, mengkoordinasikan, dan mengimplementasikan langkah-langkah keamanan untuk menjaga informasi.
Technical Support Analyst
Adalah pekerjaan dukungan teknis level bawah yang langsung berhadapan dengan pelanggan yang tidak puas (biasanya melalui telepon). Pengetahuan tentang produk sangat penting, begitu juga kesabaran, keterampilan komunikasi, dan kemampuan untuk berhadapan dengan orang.
Software Support Engineer
Kadang-kadang dipromosikan dari jajaran dukungan teknis. Pekerjaan ini juga mencakup unsur-unsur dari penjualan dan lebih terlibat dengan tamu dan dukungan langsung lainnya untuk klien. Akibatnya, posisi ini membutuhkan pengetahuan tentang kebutuhan klien dan kemampuan untuk memecahkan masalah dan bertindak independen.
IT Training Consultant
Kebanyakan perangkat lunak yang besar dan instalasi perangkat keras tidak hanya tancap-dan-pergi, sehingga perusahaan yang menjual server, sistem backend, solusi ERM / ERP, dan sejenisnya mempekerjakan anggota staf TI yang memperkenalkan produk ke klien.
Management Information Systems
Perusahaan high-tech tidak hanya menjual barang-barang, mereka juga menggunakannya. Pekerjaan ini menangani perangkat keras dan lunak serta jaringan untuk membantu organisasi berjalan seefisien mungkin.
System Administrator
Pekerjaan ini berkenaan dengan perancangan, pengujian dan evaluasi sistem komunikasi data seperti LAN. Seorang administrator sistem juga dapat diminta untuk meneliti dan merekomendasikan perangkat keras dan perangkat lunak jaringan.
Information Security Specialist
Spesialis keamanan informasi bertanggung jawab untuk mengamankan data, perangkat, dan jaringan terhadap akses eksternal dan internal yang tidak sah. Selain merancang dan mempertahankan standar keamanan dan kebijakan, spesialis keamanan informasi juga memastikan bahwa kebijakan tersebut ditaati oleh semua pihak. Jangan lupa untuk mengganti password Anda!

sumber: http://hmtc.if.its.ac.id/karir-di-bidang-it/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar